Manfaat Susu Nabati bagi Kesehatan Tubuh

Spread the love

Manfaat Susu Nabati bagi Kesehatan Tubuh

Susu nabati adalah susu yang berasal dari tumbuhan, bukan dari hewan. Susu nabati merupakan alternatif bagi yang tidak mengonsumsi susu hewani, karena alasan kesehatan, seperti intoleransi laktosa maupun alergi susu sapi. Sebagian orang mengonsumsi susu nabati karena alasan agama ataupun cinta lingkungan.

Salah satu manfaat susu nabati bagi kesehatan adalah dapat menyehatkan jantung. Susu nabati tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi. Selain itu susu nabati mengandung sodium yang rendah dan lemak sehat yang tinggi. Kandungan ini akan membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Susu nabati dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah berbagai kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada atau angina, dan stroke.

Selain mencegah penyakit kardiovaskular, susu nabati juga dapat mengurangi resiko terkena hipertensi. Hipertensi adalah penyakit dimana penderita mengalami tekanan darah tinggi.

Susu nabati juga dapat mengurangi risiko diabetes. Susu nabati memiliki karbohidrat rendah, yang berarti tidak meningkatkan kadar gula darah Anda secara signifikan, sehingga mengurangi risiko diabetes. Ini karena susu nabati mengandung indeks glikemik rendah, dan tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat sebagai energi, sehingga gula tidak disimpan sebagai lemak.

Selain itu, susu nabati juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kolesterol, karena susu nabati memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Susu nabati juga dapat menjaga kesehatan tulang. Susu nabati mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal ini menjadikan susu nabati sebagai salah satu makanan yang dianjurkan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Mengonsumsi susu nabati juga dapat mencegah osteoporosis.

Selain menjaga kesehatan tulang, susu nabati dapat membantu menurunkan berat badan. Susu nabati sering digunakan sebagai makanan untuk diet, karena susu nabati dapat membuat kenyang tahan lebih lama. Susu nabati juga memiliki sedikit lemak dan kalori. Dengan begitu, berat badan pun akan turun. Selain menurunkan berat badan, susu nabati juga dapat menjaga kestabilan berat badan.

Susu nabati disebut juga sebagai antioksidan. Efek antioksidan yang dimiliki susu nabati memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu nabati memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh.

Selain itu, susu nabati juga dapat melancarkan pencernaan. Susu nabati diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu nabati ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu nabati juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Susu nabati juga dapat mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Susu nabati mengandung hormon tanaman phytoestrogen yang bisa mengontrol produksi testosteron pada pria. Mengurangi tingkat testosteron bisa menurunkan risiko kanker prostat. Penelitian mengungkap bahwa pria yang mengonsumsi diet kaya kedelai memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah dibanding pria yang jarang minum susu nabati. Tak hanya itu, phytoestrogen juga diketahui bisa membantu wanita mencegah kanker payudara.

Bagi yang ingin kulitnya halus, susu nabati adalah jawabannya. Susu nabati kaya akan vitamin E, yang menyehatkan dan melembutkan kulit mengonsumsi susu nabati secara rutin.

Selain membuat kulit halus, susu nabati dapat menunda penuaan. Susu nabati mengandung antioksidan yang akan mencegah penuaan kulit Anda. Ini terjadi karena antioksidan adalah cara terbaik untuk melawan radikal bebas.

Susu nabati dapat mencegah kerontokan rambut. Umumnya dalam kasus rambut rontok karena kekurangan magnesium dalam tubuh. Susu nabati diketahui memiliki kandungan magnesium yang dibutuhkan tubuh, cukup untuk membantu memperbaiki masalah kerontokan rambut.

Dan yang terakhir susu nabati sangat cocok bagi penderita intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa artinya kondisi ketika seseorang tak mampu mencerna laktosa, gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya. Ketidakmampuan itu dikarenakan tubuh tak menghasilkan enzim laktase dengan cukup. Tanpa enzim laktase, laktosa tak mungkin bisa dicerna hingga berujung pada gangguan pencernaan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.